Unsplashed background img 1


Home / Blog

Press Release : Laporan Keuangan Tahun Buku 2022 PT Personel Alih Daya Tbk (Perseroan)

By : Admin Operator



Mempertahankan Kinerja Perseroan dan Upaya Pengembangan Bisnis dalam Kondisi Pemulihan Setelah Pandemic.

PT Personel Alih Daya Tbk (kode emiten PADA) sebagai Perusahaan di bidang penyedia  jasa Tenaga Alih Daya atau outsourcing, telah mengumumkan laporan keuangan yang telah diaudit untuk tahun yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2022 (FY2022).  Perseroan dapat mempertahankan kinerja usaha nya ditengah kondisi dunia usaha yang dalam pemulihan setelah pandemic dan masih cukup berdampak pada Perseroan pada tahun 2022, terutama pada mitra atau klien di segmen Transportasi dan segmen Retail non FMCG.  Perseroan memiliki banyak kesempatan yang dapat dilakukan dalam pengembangan lini bisnisnya dengan mitra atau klien yang tidak berdampak pandemic seperti pada perusahaan-perusahaan yang memiliki core business di bidang Telekomunikasi, Perbankan, serta FMCG. Selain itu Perseroan berkesempatan melakukan beberapa inovasi dengan memberikan solusi layanan terintegrasi (one stop services) serta pengembangan inovasi integrasi teknology digital ke dalam bisnis layanan Perseroan. Selain itu Perseroan melakukan efisiensi operational yang dilakukan dengan efektif di setiap lini bisnisnya.

Ikhtisar Keuangan

  • Total pendapatan usaha FY2022 relatif flat atau sedikit lebih rendah 0,02% dimana FY2022 tercatat Rp700,9 miliar dan pada FY2021 Rp701,09 miliar.
  • Total laba usaha FY2022 lebih rendah 10,63?ri Rp16,2 miliar pada FY2021 menjadi Rp14,6 miliar pada FY2022.
  • Total laba bersih FY2022 mencapai Rp4,5 miliar atau meningkat 2,11?ri posisi tahun 2021 sebesar Rp4,4 miliar.
  • Total aset per 31 Desember 2022 mencapai Rp360 miliar atau meningkat terhadap tahun 2021 yang sebesar Rp199,5 miliar karena kenaikan kas dan setara kas dari hasil penawaran umum Perseroan, piutang usaha, uang muka dan beban dibayar dimuka untuk Capex.  Sementara itu, liabilitas Perseroan pada akhir 31 Desember 2022 sebesar Rp218,7 miliar atau meningkat dibandingkan pada akhir 31 Desember 2021 yang tercatat Rp150,3 miliar disebabkan karena utang bank jangka pendek, utang usaha pihak berelasi dan pihak ketiga.
  • Current Ratio FY2022 berada di level 1,56 kali atau meningkat dari FY2021 yang tercatat sebesar 1,37 kali.

Upaya Pengembangan dan Perkuat Keunggulan Bisnis 

Walaupun kinerja usaha Perseroan tahun 2022 masih belum signifikan meningkat dibanding tahun sebelumnya, namun Perseroan telah berupaya melakukan strategy bisnis ditengah tantangan social ekonomi seperti memperbesar portfolio pelanggan/mitra dengan lebih selektif memilih dan menargetkan industri atau segmen bisnisnya tidak berdampak pandemic. Perseroan optimis dengan prospek pasar industry jasa outsourcing di Indonesia yang cerah dan terbuka luas di masa depan. Ditengah kompetisi pada industri jasa outsourcing, Perseroan pun terus mengembangkan penawaran layanan dengan model bisnis Manage Services yang berbasis Service Level Agreement (SLA) yang dapat memberikan potensi keuntungan lebih baik bila dibandingkan dengan model bisnis Fee based dimana persaingannya pada saat ini untuk model bisnis ini sangat ketat. Selain itu Perseroan pun terus berupaya melakukan kolaborasi dengan bisnis partner lainnya dalam mengembangkan layanan berbasis IT (on demand) untuk menyasar segmen SME serta melakukan ekspansi bisnis ke seluruh wilayah Indonesia.

Profitabilitas Membaik

Keputusan dalam penerapan strategy bisnis pada seluruh lini bisnis usaha Perseroan, saling menopang dan menuai hasil yang tepat di tahun 2022. Hal ini terlihat dari nilai pada top line yang terjaga.   Efisiensi dilakukan dengan efektif pada setiap lini bisnis agar nilai bottom line meningkat dengan melakukan pengelolaan cash flow yang sesuai.

Tantangan ke Depan

Ke depan, Perseroan akan memaksimalkan penjualan ditengah situasi pasar yang menantang.  Perseroan akan terus melakukan penguatan target dan strategy yang dijalankan dalam beberapa tahun ke depan, fokus dalam menjaga service maupun operational terbaik untuk pelanggan/mitra, selalu adaptif dan selektif untuk melakukan perluasan usaha yang didukung oleh 25 kantor perwakilan yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia, serta mengedepankan business management and control untuk menjaga keseimbangan antara pangsa pasar dan profitabilitas dalam upaya menjaga kinerja dan performa Perseroan dalam menghadapi kondisi makroekonomi dan situasi kompetisi yang dapat berubah.  Selanjutnya Perseroan pun akan senantiasa melakukan pengembangan dalam pengelolaan sumber daya manusia karena Perseroan meyakini bahwa kekuatan dan keunggulan sumber daya manusia sangat dibutuhkan guna meningkatkan produktifitas, kompetensi dan menciptakan daya saing yang tinggi dalam upaya mendorong pertumbuhan usaha dan kinerja perusahaan.

 

Sekilas Tentang PT Personel Alih Daya Tbk 

Perseroan bergerak dalam penyedia jasa outsourcing degan lini bisnis usaha mencakup penyedia jasa teknikal dan pemeliharaan peralatan telekomunikasi (Technical Services), jasa call center (Customer Care Center), jasa keamanan (Security Services), jasa layanan perkantoran (Office Services) serta Training dan Executive Search (Headhunter).

Saat ini Perseroan memiliki 1 kantor Pusat di Jakarta dan 24 kantor perwakilan yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia.

Pada 8 Desember 2022, Perseroan telah melantai di bursa saham Indonesia (dengan kode saham PADA).

 


DATE
30 March 2023

CATEGORY
BERITA

TAGS
#Press #Release

SHARE

        

Kembali ke Blog >>


 


 


 
headset_mic